MSO

MSO (Munster Scoliosi Orthosis)

MSO (Munster Scoliosis Orthosis) adalah orthosis yang diindikasikan untuk kelainan tulang belakang jenis scoliosis agar kelainan tidak memburuk.

Scoliosis adalah kelainan tulang belakang dimana tulang belakang melengkung kesamping. Dengan kelainan lengkungan tersebut, mempengaruhi fungsi tulang belakang sebagai penopang organ – organ tubuh pada dada dan perut yaitu menyebabkan organ – organ tersebut tidak berada diposisi yang seharusnya sehingga mengganggu fungsi baiknya.

Scoliosis dapat diketahui dengan cirri-ciri sebagai berikut

  1. Pundak tidak sama tinggi
  2. Kepala cenderung condong ke salah satu sisi
  3. Ketika membungkuk punggung akan terlihat miring
  4. Pinggul kiri dan kanan tidak sejajar
  5. Diagnose lebih jelas dilakukan rongent untuk mengetahui derajat scoliosis

Scoliosis lebih sering terjadi pada wanita di masa pertumbuhan dan bisa disebabkan karena beberapa hal termasuk kebiasaan – kebiasaan buruk pada posisi duduk, berdiri, atau tidur yang salah dan juga karena bawaan lahir. Adapun beberapa tipe scoliosis berdasarkan penyebabnya :

  • Scoliosis idoipatik

Scoliosis tipe ini lebih sering terjadi pada kasus umum scoliosis dengan penyebab yang belum diketahui secara spesifik. Faktor keturunan kemungkinan berperan dalam scoliosis type ini. Scoliosis idiopatik sering disebut scoliosis remaja karena terjadi di masa anak-anak remaja dan sangat cepat dimasa pertumbuhan.

  • Scoliosis konginental

Scoliosis konginental adalah kelainan tulang belakang yang terjadi karena kegagalan pembentukan tulang belakang sejak dalam kandungan (rahim)

  • Scoliosis degenerative

Scoliosis tipe ini biasanya terjadi pada orang yag sudah tua, atau juga karena kebiasaan dimasa anak-anak atau remaja yang buruk. Penyebab lainya terjadi karena trauma, terlalu kurus, osteoporosis atau kondisi keausan tulang. Scoliosis ini disebut juga dengan scoliosis dewasa.

  • Neuromuskuler, jaringan penghubung dan scoliosis kelainan kromosom

Scoliosis ini terjadi karena melemahnya otot tulang belakang atau masalah neurokuskuler. Hal ini muncul pada pasien dengan spina bifida, cerebral palsy, atau orang – orang dengan berbagai jenis kondisi paralitik. Scoliosis ini umum terjadi pada pasien yang tidak bisa berjalan karena kondisi neuromatic mereka.

Untuk mencegah terjadinya scoliosis ataupun kelainan tulang belakang lainnya dengan menerapkan pola hidup sehat dan lakukan aktifitas dengan cara semestinya. Jika scoliosis sudah diketahui sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan segera diatasi agar tidak menimbulkan kelainan lainya yang lebih parah.

Indikasi penggunaan MSO adalah :

  • Kelainan tulang belakang melengkung kesamping seperti berbentuk huruf “C” atau “S” (Scoliosis Idiopatik) dengan tingkat kelengkungan dibawah 60o

Spesifikasi MSO sebagai berikut :

  • Bahan terbuat dari plastic polypropylene dengan ventilasi dan sirkulasi udara
  • Terdapat padding aktif dan pasif untuk koreksi derajat scoliosis
  • Efektif digunakan untuk penderita scoliosis di usia pertumbuhan
  • Terdapat perekat yang memudahkan ketika memakai dan melepas
  • Ukuran disesuaikan dengan tubuh pengguna (custom)

Penggunaan MSO secara teratur dapat membantu penderita scoliosis sembuh lebih cepat dan mencegah kelainan semakin parah yaitu 23 jam sehari.