finger splint

Finger splint

Finger splint adalah orthosis anggota gerak atas yang digunakan untuk meningkatkan fungsi jari dan mengoreksi bentuk jari yang mengalami kelainan.

 

Fungsi dari finger splint ini menstabilkan sendi jari untuk menyelaraskan sendi pada jari yang mengalami kelainan atau cedera pada jari seperti tergelincir dan patah. Dapat juga digunakan untuk sendi jari yang bengkok, kelayuan, peradangan dan masalah otot jari lainnya.

Pemakaian finger splint bertujuan untuk mencegah kecacatan yang parah, mengotrol pergerakan dan mengontrol pergerakan atau membantu fungsi dari jari.

Beragam jenis finger splint dibedakan berdasarkan cedera atau kelainan yang dialami, yaitu :

  1. Finger splint extension

Finger splint extension diindikasikan untuk jari yang mengalami kerusakan tendon.

Finger splint extension juga terdapat beberapa type, yaitu :

  • Dynamic digit extension tube yang berbentuk melengkung dengan tekanan lembut yang didistribusikan mengurangi kontraktur fleksi sendi PIP. Ideal untuk digunakan pada cidera akut, untuk perbaikan pasca bedah sendi PIP, mengimbangi fleksi PIP dalam cedera tulang belakang, dan untuk ukuran disesuaikan dengan ukuran sendi PIP .
  • Clockspring/Bunnell Extension Splint Finger splint ini dibuat dengan stainles steel dan terasa empuk. Splint ini digunakan untuk kasus kontraktur fleksi, pengukuran dilakukan dari ruang web ke ujung jari.

 

  1. Mallet finger splint

Finger splint yang digunakan untuk kasus mallet finger yaitu ujung jari tidak dapat diluruskan dikarenakan cidera dengan rasa sakit, disertai bengkak dan memar.

 

  1. Cock up splint

Cock up splint diindikasikan untuk kasus Carpal Tunnel Syndrome (CTS) cidera yang hanya pada sebagian jari yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan setengah jari manis.  Juga dapat digunakan untuk masa penyembuhan setelah operasi atau patah tulang.

 

  1. Strip finger splint

Finger splint yang terbuat dari aluminium ditempa dilapisi dengan busa urethane poliester biru, melengkung untuk melindungi ujung jari dari cedera lebih lanjut.

 

Pada dasarnya fungsi orthosis finger splint adalah mengembalikan pergerakan jari seperti seharusnya setelah mengalami cedera atau setelah menjalani operasi karena cedera tertentu. Merehabilitas atau melindungi jari dari cedera yang lebih parah dan mengoreksi bentuk dari jari.

Untuk pemesanan bisa via online atau datang langsung ke tempat kami di jl. Kalimosodo no 77, josenan – MADIUN – Jawa Timur, untuk informasi selengkapnya silahkan menghubungi kontak kami

085 780 000 084 / 081 329 259 419

 

You may also like...